Hot News »
Bagikan kepada teman!

Hal-hal atau Kejadian Sepele yang Menurut Ane Keren

Penulis : eko alan on Minggu, 20 April 2014 | Minggu, April 20, 2014

Minggu, 20 April 2014

Banyak hal yang terjadi setiap hari gan. Ada yang tak terlupakan tapi lebih banyak yang dilupakan. Terkadang banyak orang yang hanya melakukan hal monoton setiap harinya. Tapi menurut ane ada beberapa hal atau kejadian yang menurut ane keren. Apa saja itu? Selamat Menyimak
BEGADANG TAPI BANGUN GAK KESIANGAN



"Wah ada bola nanti malam". "Asik dapet banyak film baru dari temen". "Saatnya marathon anime yang baru kelar donlod". "Bete nih kaskusan ah". Itu adalah beberapa hal yang bisa membuat kita begadang gan. Terkadang kita tau bahwa besok paginya kita harus sekolah, kuliah, atau kerja. Tapi entah kenapa tetep aj kita begadang. Udah tau harus berangkat pagi malah tidur subuh. Beberapa ada yang memaksakan untuk gk tidur biar gk kesiangan. Nah makanya menurut ane keren banget kalo kita begadang terus tidur, eh paginya kita bangun tepat waktu dan gk kesiangan.


DAPAT NILAI BAGUS PADAHAL GAK BELAJAR



Pasti banyak nih kaskuser yang besoknya mau ulangan malah gk belajar. Ada yang emang gk niat belajar atau udah niat belajar tapi niatnya kalah besar dengan niat yang lain (nonton TV, kaskusan, main PES, dll). Akhirnya waktu sudah mepet dan kita hanya bisa pasrah sebelum tidur. Besoknya berharap mendapat jawaban dari temen tapi apadaya guru pengawas ternyata killer abis. Akhirnya kita ngisi jawaban dengan ilmu seadanya yang nyangkut di otak. Begitu hasil dibagikan ternyata nilai kita memuaskan atau bahkan tergolong bagus. Kurang keren apa coba.


MEMBUANG SAMPAH DENGAN CARA DILEMPAR DARI JAUH



Pernahkah kaskuser makan/minum sesuatu dan ketika makanan/minuman itu habis yang tersisa hanyalah sampahnya. Waktu kita mau membuangnya ke tempat sampah ternyata tempat sampahnya cukup jauh. Rasa malas akhirnya menjalar keseluruh tubuh dengan kecepetan sepersekian detik. Akhirnya ada beberapa pihak yang membuang sampahnya sembarangan. Tapi ada juga yang merasa bak pemain basket profesional ingin memasukan sampah tersebut dengan cara dilempar. Berbekal teori gravitasi, kekekalan energi, dan rumus percepatan benda kita pun melempar sampah tersebut. Dan apa yang terjadi ? Sampah tersebut masuk dengan mulus kedalam tempat sampah. Thats so cool man.


ENDAPAT KEJADIAN DI WAKTU YANG CANTIK



Bingung apa maksudnya ? Maksudnya adalah kaskuser mendapat kejadian di waktu yang digitnya cantik (jam 12.12, tanggal 11-11-2011) tapi hal tersebut tidak direncanakan dan waktu cantik tersebut di luar pengetahuan kita. Kalo nikah tanggal 11-12-2013 itu kan direncanain nah ini secara kebetulan waktunya pas tanpa kita rencanakan. Misal kaskuser lagi berkendara di jalan. Ketika lagi asik liat cewek cantik garuk-garuk selangkangan tiba-tiba ban motor kaskuser bocor. Alhasil kaskuser kesal dan marah dengan keadaan yang ada. Merasa akan terlambat sampai tempat tujuan kaskuser mengecek jam di hp kaskuser. Ternyata pas di liat jam menunjukkan pukul 00.00. Rasa kesal yang tadi menjalar hilang seketika dan kaskuser pun berucap "Gila ban gw kempes jam 00.00, keren banget (ban motor) gua.


PUNYA TANGGAL DAN BULAN LAHIR SAMA DENGAN ARTIS TERKENAL



Kita lahir tanpa sepengetahuan kita kapan kita lahir. Tau-tau kita lahir bulan Januari, Februari, dsb. Nah saat kita udah gede dan mengerti tentang kejamnya dunia kita pun mengerti kapan tanggal dan bulan kita lahir. Sebagai manusia normal pasti senang bila punya kesamaan dengan orang lain. Begitu pula dengan tanggal dan bulan lahir. Kita pasti senang kalo ada yang waktu lahirnya persis sama kayak kita, terlebih orang itu artis. Seperti beck MU Rafael yang bangga tanggal dan bulan lahirnya sama kayak beck MU lainnya yaitu Fabio.

PS : Kenapa foto diatas harus Mila Jovovich ? Karena tanggal dan bulan lahir doi sama kayak ane.


PUNYA BULU KETEK



Ane gk mau panjang lebar soal yang ini. Entah kenapa bagi ane punya bulu ketek merupakan hal yang keren. Ane sudah sangat mendambakan kehadiran butek (bulu ketek) sejak kecil. Dan akhirnya butek pun menyambangi kediaman ketek ane. Sejak hari itu dunia terasa indah biarpun negara api menyerang dan Madara Uchiha hidup kembali. Mulai sekarang jangan remehkan keberadaan mereka karena mereka sungguh sangat KEREN. Sangat KEREN. Sangat KEREN.


http://www.kaskus.co.id/thread/5346c5c580cf17976a000111
komentar | | Read More...

Teknik ,Cara dan Ulasan Pengelolaan Finansial Pribadi (Konsolidasi Teknik)

SUDAHKAH ANDA MEMBUAT PERENCANAAN KEUANGAN ANDA?

Pengelolaan keuangan merupakan salah satu ilmu utama apabila kita ingin mencapai Financial Freedom (kebebasan finansial). Pengelolaan keuangan yang akan saya bahas di thread ini terinsipirasi serta terkonsolidasi dari beberapa sumber:
• Rich Dad Poor Dad – Robert T Kiyosaki
• Think and Grow Rich – Napoleon Hill
• Wealth Building 101 – Trump University
• Real estate 101 – Trump University
• The Warren Buffett Way – Robert G Hagstorm

Teori
Secara Teori, Kekayaan bisa didapatkan dengan cara mengurangi pengeluaran dan memperbesar pendapatan. Tetapi, kenyataannya tidak mudah mendapatkan kedua elemen tersebut di arah yang kita inginkan.

Di dalam thread ini, saya akan membahas pentingnya mindset yang benar dan motivasi yg membara untuk berhasil mengelola keuangan anda sendiri/ keluarga. Dan pastinya, anda diharuskan mengerjakan PR (baca: langkah-langkah utama) agar anda tetap berada di arah yang anda inginkan. Setelah itu, kita akan membahas pemilahan pendapatan, cara mengurangi pengeluaran serta cara mengoptimalkan pendapatan.


Fundamental mindset
Mindset (rangkaian program pikiran) adalah sesuatu yang tidak boleh disepelekan. Hanyalah dengan memprogram ulang mindset kita, barulah kita bisa memulai membuat perubahan. Mindset jugalah yang akan menentukan seberapa konsisten dan ambisius kita terhadap tujuan akhir (Financial Freedom).

DREAM BIG!
Inilah kata yang populer diucapkan miliader Donald Trump.
Dari kata dahsyat di atas, ambil buku diary/ jurnal anda. Yang perlu anda lakukan:
• Catat tujuan akhir anda (contoh: punya 5 rumah asset bernilai 10miliar).
• Deadline buat tujuan tersebut (contoh: diakhir tahun 2020).
• Bagaimana anda akan mencapainya (contoh: saya akan menyisahkan 10% dari pendapatan)
• Motivasi diri sendiri (contoh: keyakinan dan motivasi saya sangatlah kuat sehingga saya bisa merasakan melihat rumah tersebut).


Tahap pertama - Checked!
Sekarang kita lanjutkan ke tahap kedua
Setelah target finansial freedom anda selesai, tahap selanjutnya adalah menentukan jumlah uang yg akan disisihkan. Di titik ini, saya mengajak anda sekalian menghitung-hitung pendapatan anda. Pertanyaan untuk anda:
• Berapa penghasilan anda per bulan?
• Berapa pengeluaran anda per bulan? Di point ini saya sarankan hitung seakurat mungkin lalu tambahkan pengeluaran tak terduga (rasional)
• Selisihkan penghasilan dan pengeluaran anda. Pengeluaran anda lebih tinggi ato penghasilan anda? Bila pengeluaran anda lebih tinggi, silahkan k bagian “Penjagaan pengeluaran”.
• Bila penghasilan anda lebih tinggi, anda lolos ke babak selanjutnya  . sekarang cari persentase sisa uang anda per bulan terhadap penghasilan anda. Jika hasilnya lebih dari 10%, mulailah simpan 10% dari penghasilan anda per bulan k rekening investasi anda. 

Tahap kedua - Checked!
Sekarang kita lanjutkan ke tahap ketiga
Setelah selesai menghitung-hitung, saatnya kita melakukan pemilahan pendapatan. Bila anda telah berkeluarga, sangatlah penting untuk mendiskusikan dengan keluarga supaya ada komitmen sesama untuk menjaga pengeluaran (bagi yang berkeluarga, penjagaan pengeluaran menjadi prioritas utama)

Cara saya dalam memilah / membagi pendapatan adalah dengan menggunakan rekening yg berbeda-beda:

  • Rekening investasi: rekening ini harus diprioritaskan dan konsisten! Kenapa? Karena inilah batu loncatan anda menuju pendapatan tambahan yang akhirnya bakal menghidupi anda dan orang-orang yang anda cintai tanpa harus bekerja (Financial Freedom). Bila di tahap kedua anda mampu menyisihkan 10%, di rekening inilah uang 10% tersebut tinggal. Rekening investasi ini harus menjadi PRIORITAS UTAMA. Jadi, setiap kali anda gajian, 10% harus masuk k rekening investasi sebelum anda bayar apapun juga. Ini sangat penting untuk mendapat kebiasaan “Membayar diri sendiri terlebih dahulu”. Saat anda pertama memulai mengisi rekening investasi, tetapkan janga waktu antara 3-12 bulan. Setelah jangka waktu tersebut lewat, investasikanlah uang tersebut (bila cukup untuk memulai investasi. contoh: reksadana, obligasi, saham, forex, property dll). setiap rupiah yg anda punya hrs mampu dilipatgandakan nilainya sedikitnya 2 kali lipat atau bahkan lebih!


  • Rekening harian: rekening inilah yang akan membayar kebutuhan hidup anda. Peraturan untuk rekening ini gampang: Taruh uang anda seminimal mungkin di rekening ini. Rekening ini adalah rekening hura-hura anda. Jadi, dengan meminimalkan rekening ini, anda telah menjaga pengeluaran yang destruktif dan menggunakan uang tersebut secara produktif, effektif dan effisien. Uang di rekening ini seharusnya setelah anda membayar semua kewajiban (liabilitas) anda.


  • Rekening hutang: seperti namanya, rekening ini berisi semua hutang wajib (fixed) anda yang harus anda bayar per bulan. Misalnya kredit rumah, kredit mobil, tagihan telepon, tagihan listrik. Alasan saya pisah rekening harian dan rekening hutang adalah karena rekening harian adalah uang sisa per bulan setelah anda membayar diri sendiri (rekening investasi), hutang dan kebutuhan hidup anda. Sisa uang ini bisa anda simpan untuk membeli barang mewah seperti mobil, kamera canggih, hp baru atau sepeda motor baru. Atau anda boleh belanjakan buat makan di restoran ternama atau yang lainnya.


  • [OPTIONAL] Rekening Simpanan: rekening ini merupakan rekening untuk dana sisa setelah dikurangi dana-dana ke rekening investasi, hutang dan harian (pembatasan budget). sisa dana di rekening bisa anda gunakan untuk 'menghadiahi' diri anda sendiri karena telah konsisten dalam menjalankan rencana keuangan anda. saya pribadi menaruh sebagian besar dana di rekening ini ke rekening investasi. karena saya yakin semakin banyak dana yang saya sisihkan ke rekening investasi, maka semakin cepatlah saya mencapai Financial Freedom yang telah saya rencanakan.


  • Rekening Donasi: Seperti namanya, rekening ini adalah rekening untuk didonasikan ke tempat ibadah, panti asuhan, atau organisasi donasi lainnya. dulu saya rencananya memberikan 5% dari penghasilan. Tetapi, saya tidak mampu dan saya hanya mendonasikan 5 dollar setiap minggu. sekarang saya mendonasikan 10 dollar per minggu. uang donasi ini tidak perlu didonasikan setiap minggu. bisa dengan cara menyimpan selama beberapa bulan dan mendonasikan jumlahnya sekaligus
Pengurangan Pengeluaran
Pengeluaran yang berlebihan akan melemahkan penghasilan anda. Sehingga pengeluaran itu sama pentingnya dengan penghasilan. ada 2 cara mengurangi/ mengkompres pengeluaran anda.
CATATAN PENGELUARAN
Cara saya menjaga pengeluaran ialah menyimpan catatan pengeluaran saya. Lalu saya tanam mindset “makin banyak pengeluaran saya, makin tebal catatan pengeluaran saya”. Saya punya buku khusus untuk menyimpan catatan pengeluaran saya. Saya juga membatasi setiap pengeluaran tidak lebih dari $10. Dan, saya mampu membayar diri sendiri sejak penghasilan pertama saya yang hanya berjumlah $94,14.

Dengan mencatat pengeluaran dan mindset tersebut, saya mampu menahan pengeluaran saya di level minimum. Saya mampu hidup hanya dengan $25 per minggu (makan sehat) NB: alasan saya memakai per minggu karena saya gajian per minggu di Australia). Sepupu saya saja yang terkenal pelit per minggu menghabiskan sedikitnya $50 per minggu.

Dan dengan mencatat pengeluaran anda, anda bisa memonitor pengeluaran mana yg bisa dikurangi dan melacak pengeluaran destruktif (yang sebenarnya tidak perlu). Jadi, buatlah komitmen untuk mulai mencatat pengeluaran anda. Sama halnya di bidang bisnis, pengeluaran pribadi kita juga harus dicatat dan dimonitor.

PETA PENGELUARAN

Cara ini terinspirasi dari struk belanjaan yang saya dapat setiap kali pergi belanja.

Pertama, beli atau buat sebuah papan tulis kecil atau photo frame sesuai kemauan (makin kecil makin bagus. tapi jangan kebesaran nanti susah bawa pulang ). papan tulis / photo frame tersebut ditujukan untuk struk belanjaan anda. dan besarnya papan tulis tersebut menunjukkan seberapa banyak anda boleh belanja setiap bulan (makanya disarankan 1m x 1m).

Kemudian, pajanglah papan tulis tersebut di tempat yang sering anda lewati (depan tempat tidur, kulkas, pintu menuju kamar, tembok saat masuk rumah dll sebagainya). 

Dan setiap anda pergi belanja. jangan lupa meminta struk belanja anda. simpan baik-baik sampai tiba di rumah. saat sampai di rumah, langsung cari struk-struk belanja anda dan tempelkan di papan tulis tersebut. usahakan supaya struknya tidak saling timpa/ tindih supaya anda bisa review kembali apa apa saja yang sudah anda belanjakan. buat periodenya sesuka hati anda (idealnya setiap bulan). setiap bulan, review balik pengeluaran anda. cari celah dimana agan bisa lebih hemat lagi (mungkin tunggu harga diskon untuk barang keseharian). bila perlu, hukum diri anda bila anda melakukan pengeluaran yang seharusnya tidak perlu (bisa dengan bayar 100ribu k rekening investasi anda untuk setiap pengeluaran yang tidak perlu)


Optimalisasi Penghasilan

Optimalisasi penghasilan bisa berupa:
• Pengurangan pengeluaran
• Imbal hasil investasi
• Kenaikan gaji atau kerja tambahan

Saya tidak mengulas topik pengurangan pengeluaran dikarenakan topik tersebut telah dibahas di atas.

Imbal hasil investasi mungkin salah satu cara yang bisa memberikan penghasilan tambahan disamping pekerjaan utama anda. Pada dasarnya, imbal hasil investasi berasal dari rekening investasi anda yg telah anda kumpul dan diinvestasikan dalam ke salah satu produk investasi (contoh: saham, obligasi, reksadana, forex dll). Sama halnya penghasilan anda dari pekerjaan utama, imbal hasil dari investasi anda harus anda tabung kembali k rekening investasi. Saya pribadi menginvestasi kembali 50% dari imbal hasil investasi saya. Saya pakai rekening investasi pertama saya dengan membeli saham. Ombak kedua, ketiga dan keempat juga saya investasikan k saham. Dari ombak pertama saya untung 50% dalam 2 tahun. Dari ombak kedua dan ketiga saya untung 100% dalam 2 tahun. Ombak keempat sekarang masih saya pegang karena ada potensi keuntungan 30-50 kali lipat dalam waktu 5-10 tahun mendatang. Dan sekarang saya juga investasi di property dengan orang tua saya.

Kenaikan gaji atau kerja tambahan bisa menjadi sumber kemakmuran rekening investasi anda. Saya pindah kerja beberapa kali dengan maksud mencari pekerjaan yang membayar lebih supaya saya bisa membayar rekening investasi lebih banyak. Dan akhirnya akhir tahun 2011 saya telah mampu membayar rekening investasi 25% dari gaji saya. Konsistenlah dan tingkatkan level rekening investasi anda supaya uang lebih cepat berkerja untuk anda.

Konsistensi sangatlah penting dalam perjalanan menuju Financial Freedom.

Be Strict To Yourself Or The World Will Play You Up. – Napoleon Hill
Artinya

Anda harus kuat dari dalam atau dunia akan mempermainkan anda. Konsisten! Dan jangan biarkan dunia mempermainkan anda.
Cara Kerja Produk Investasi
Saham
Saya akan menjelaskan secara singkat cara saya memilih dan membeli saham. Cara saya berasal dari buku The Warren Buffett Way oleh Robert G Hagstorm:
1. Carilah bidang yang anda tau cara kerjanya (lingkaran kompetensi anda)
2. Kaji perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang tersebut
3. Pilih perusahaan yg anda rasa punya potensi
4. Lihat grafik harga saham perusahaan
5. Bandingkan dengan perusahaan-perusahaan lain (anda mungkin berubah pikiran ke perusahaan lain)
6. Carilah laporan tahunan perusahaan tersebut 5 tahun terakhir. Bila anda belum terbiasa membaca laporan tahunan, biasakanlah. Setelah anda terbiasa, kaji kembali perusahaan lewat laporan tahunan.
7. Yang perlu anda catat adalah laba bersih atau rugi bersih, biaya amortisasi dan penyusutan, hutang jangka pendek, hutang jangka panjang, alokasi biaya masa depan (jangka pendek dan panjang)
8. Setelah itu anda perlu menghitung “Laba Pemilik” dengan formula berikut: pendapatan bersih + (Depresiasi + deplesi + amotisas) - (Belanja Modal + komitmen belanja lainnya)
9. Terakhir anda perlu menggunakan formula di bwh ini untuk menentukan untung yang kira-kira bisa anda dapatkan.


sumber: kaskus.co.id
komentar | | Read More...

10 Kota Hilang Paling Terkenal

Penulis : eko alan on Selasa, 15 April 2014 | Selasa, April 15, 2014

Selasa, 15 April 2014

Sebuah kota akan menjadi kota hilang saat ditinggalkan oleh penduduknya dan dibiarkan begitu saja, sehingga meninggalkan banyak peradaban yang kemudian hilang begitu saja. Hal ini bisa terjadi karena perang, bencana alam, dan masih banyak lagi sebab-sebab lain. Namun seiring dengan perkembangan zaman, legenda kota hilang itu mulai muncul kembali ke permukaan. Banyak para ahli yang kemudian menemukan reruntuhan-reruntuhan bekas kota. sehingga kemudian mula banyak muncul legenda kota yang hilang.

Terlepas dari mitos kenyataan, disini saya akan memamparkan 10 kota hilang yang paling terkenal, memang sih di dunia ini sebenarnya ada banyak kota hilang, tapi menurut saya 10 daftar kota hilang yang saya paparkan ini adalah yang paling terkenal dan banyak menyedot perhatian publik.

Berikut adalah daftar 10 kota hilang paling terkenal :

10. Atlantis
Atlantis digambarkan oleh Plato sebagai peradaban maju dan kekuatan laut yang tangguh, Atlantis dikatakan telah menaklukkan sebagian besar wilayah Eropa sebelum tenggelam ke laut. Menurut mitos tradisional, kota ini tenggelam kerana murka para dewa atas kelakuan para penghuni kota ini, tapi menurut penelitian Ilmiah, kota ini mungkin tenggelam karena gejala geologis.
9. The City of Caesars
Juga dikenal sebagai Kota Berkelana dan Kota Patagonia, The City of Caesars adalah kota mitos yang diyakini terletak di ujung selatan Amerika Selatan. Kota ini belum pernah ditemukan, dan pada saat ini dianggap legenda.
8. Troy
Troy adalah kota legendaris yang terletak di Turki modern. Troy sudah lama dianggap oleh banyak orang sebagai mitos biasa, sampai akhirnya digali pada 1870-an. Dan kemudian Ditemukan banyak reruntuhan reruntuhan bangunan yang dianggap sebagai arsitektur modern di jamanya.
7. The Lost city of Z
The lost city of Z adalah peradaban hilang yang terletak jauh di pedalaman hutan Brazil (hutan Amazon). Kota hilang ini dikatakan sebagai peradaban maju dengan jaringan canggih dari jembatan, jalan, dan kuil-kuil. Hal ini dibuktikan dengan ditemukan banyak peninggalan alat-alat canggih di pedalaman hutan amazon.
6. Petra
Petra dianggap sebagai kota paling indah dari semua kota pada daftar ini, Petra terletak di Jordon. Ciri yang paling menonjol adalah arsitektur indah batu, yang diukir dari batuan pegunungan di sekitarnya yang mulai dieksplorasi sejak abad 18, hingga kini, keindahan arsitektur bangunan batu petra masih tetap bisa kalian nikmati jika kalian berlibur ke Jordania.
5. El Dorado
Inilah kota hilang yang paling dicari, karena kota ini dikenal sebagai kota emas. Diperkirakan banyak sekali emas yang ada di kota ini. El Dorado adalah sebuah kerajaan mistis konon ditemukan di hutan Amerika Selatan. Kota ini dikatakan dipimpin oleh seorang raja yang kuat dan dengan kekayaan emas yang tak terhingga.
4. Memphis
Didirikan pada tahun 3100 SM, Memphis adalah ibu kota Mesir kuno, dan menjadi pusat administrasi peradaban yang selama ratusan tahun sebelum akhirnya ditinggalkan oleh penduduknya seiring dengan munculnya Thebes dan Alexandria. Di bekas wilayah kota ini, banyak ditemukan reruntuhan bangunan-bangunan mesir kuno.
3. Angkor
Daerah Angkor di Kamboja dan sekitarnya dikenal sebagai salah satu pusat industri di asia bahkan dunia, dan salah satu peninggalan paling terkenal adalah kuil Angkor Wat yang umumnya dianggap sebagai monumen keagamaan.
2. Pompeii
Kota Romawi Pompeii hancur dalam AD 79 setelah Gunung Vesuvius meletus di dekatnya dan mengubur seluruh komunitas di bawah 60 kaki abu dan batu. Kota ini diperkirakan memiliki sekitar 20.000 penduduk pada saat itu, dan itu dianggap sebagai salah satu tempat liburan utama untuk kelas atas masyarakat Roma.
1. Machu Pichu
Kota ini terletak di dekat Lembah Urubamba di Peru, kota ini pernah ditemukan dan dijarah oleh conquistador, Machu pichu menyimpan banyak peninggalan reruntuhan kuno yang sering disebut sebagai kuil machu pichu. Arsitektur bangunan yang sangat indah pada kuil machu pichu membuktikan betapa tingginya peradaban machu pichu saat masa jayanya.
komentar | | Read More...

Asal Usul Bakso

Bakso
BeritaUnik.net – Pada akhir Dinasti Ming (awal abad ke-17) di Fuzhou, ada seorang pria bernama Meng Bo, tinggal di sebuah desa kecil. Dia berkepribadian baik dan berbakti kepada orang tuanya. Bakti Meng Bo pada ibunya sangat diketahui oleh para tetangga. Suatu hari, ibunya yang sudah mulai tua sudah tidak dapat makan daging lagi, karena giginya sudah mulai tidak bisa makan sesuatu yang agak keras. Ini sedikit mengecewakan karena dia suka sekali makan daging.
Meng Bo ingin membantu ibunya agar bisa mengonsumsi daging lezat lagi. Sepanjang malam duduk, memikirkan bagaimana mengolah daging yang bisa dimakan oleh ibunya. Hingga suatu hari, ia melihat tetangganya menumbuk beras ketan untuk dijadikan kue mochi. Melihat hal itu, timbul idenya. Meng Bo langsung pergi ke dapur dan mengolah daging dengan cara yang digunakan tetangganya dalam membuat kue mochi. Setelah daging empuk, Meng Bo membentuknya menjadi bulatan-bulatan kecil sehingga ibunya dapat memakannya dengan mudah. Kemudian ia merebus adonan itu, tercium aroma daging yang lezat.
Meng Bo menyajikan bakso itu kepada ibunya. Sang ibu merasa gembira karena tidak hanya baksonya yang lezat, tapi juga mudah untuk dimakan. Meng Bo sangat senang melihat ibunya dapat makan daging lagi.
Kisah berbaktinya Meng Bo pada ibunya beserta resep baksonya, cepat menyebar ke seluruh kota Fuzhou. Penduduk berdatangan untuk belajar membuat bakso lezat pada Meng Bo.
komentar | | Read More...

10 Tips Belajar Pintar

BeritaUnik.net – Belajar mendadak menjelang ujian memang tidak efektif. Paling nggak sebulan sebelum ulangan adalah masa ideal buat mengulang pelajaran. Materi yang banyak bukan masalah. Ada sepuluh cara pintar supaya waktu belajar kita menjadi efektif.
1. Belajar itu memahami bukan sekedar menghapal
Ya, fungsi utama kenapa kita harus belajar adalah memahami hal-hal baru. Kita boleh hapal 100% semua detail pelajaran, tapi yang lebih penting adalah apakah kita sudah mengerti betul dengan semua materi yang dihapal itu. Jadi sebelum menghapal, selalu usahakan untuk memahami dulu garis besar materi pelajaran.
2. Membaca adalah kunci belajar
Supaya kita bisa paham, minimal bacalah materi baru dua kali dalam sehari, yakni sebelum dan sesudah materi itu diterangkan oleh guru. Karena otak sudah mengolah materi tersebut sebanyak tiga kali jadi bisa dijamin bakal tersimpan cukup lama di otak kita.
3. Mencatat pokok-pokok pelajaran
Tinggalkan catatan pelajaran yang panjang. Ambil intisari atau kesimpulan dari setiap pelajaran yang sudah dibaca ulang. Kata-kata kunci inilah yang nanti berguna waktu kita mengulang pelajaran selama ujian.
4. Hapalkan kata-kata kunci
Kadang, mau tidak mau kita harus menghapal materi pelajaran yang lumayan banyak. Sebenarnya ini bisa disiasati. Buatlah kata-kata kunci dari setiap hapalan, supaya mudah diingat pada saat otak kita memanggilnya. Misal, kata kunci untuk nama-nama warna pelangi adalah MEJIKUHIBINIU, artinya merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu.
5. Pilih waktu belajar yang tepat
Waktu belajar yang paling enak adalah pada saaat badan kita masih segar. Memang tidak semua orang punya waktu belajar enak yang sama lo. Tapi biasanya, pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berkonsentrasi penuh. Gunakan saat ini untuk mengolah materi-materi baru. Sisa-sisa energi bisa digunakan untuk mengulang pelajaran dan mengerjakan pekerjaan rumah.
6. Bangun suasana belajar yang nyaman
Banyak hal yang bisa buat suasana belajar menjadi nyaman. Kita bisa pilih lagu yang sesuai dengan mood kita. Tempat belajar juga bisa kita sesuaikan. Kalau sedang bosan di kamar bisa di teras atau di perpustakaan. Kuncinya jangan sampai aktivitas belajar kita mengganggu dan terganggu oleh pihak lain.
7. Bentuk Kelompok Belajar
Kalau lagi bosan belajar sendiri, bisa belajar bareng dengan teman. Tidak usah banyak-banyak karena tidak bakal efektif, maksimal lima orang. Buat pembagian materi untuk dipelajari masing-masing orang. Kemudian setiap orang secara bergilir menerangkan materi yang dikuasainya itu ke seluruh anggota lainnya. Suasana belajar seperti ini biasanya seru dan kita dijamin bakalan susah untuk mengantuk.
8. Latih sendiri kemampuan kita
Sebenarnya kita bisa melatih sendiri kemampuan otak kita. Pada setiap akhir bab pelajaran, biasanya selalu diberikan soal-soal latihan. Tanpa perlu menunggu instruksi dari guru, coba jawab semua pertanyaan tersebut dan periksa sejauh mana kemampuan kita. Kalau materi jawaban tidak ada di buku, cobalah tanya ke guru.
9. Kembangkan materi yang sudah dipelajari
Kalau kita sudah mengulang materi dan menjawab semua soal latihan, jangan langsung tutup buku. Cobalah kita berpikir kritis ala ilmuwan. Buatlah beberapa pertanyaan yang belum disertakan dalam soal latihan. Minta tolong guru untuk menjawabnya. Kalau belum puas, cari jawabannya pada buku referensi lain atau internet. Cara ini mengajak kita untuk selalu berpikir ke depan dan kritis.
10. Sediakan waktu untuk istirahat
Belajar boleh kencang, tapi jangan lupa untuk istirahat. Kalau di kelas, setiap jeda pelajaran gunakan untuk melemaskan badan dan pikiran. Setiap 30-45 menit waktu belajar kita di rumah selalu selingi dengan istirahat. Kalau pikiran sudah suntuk, percuma saja memaksakan diri. Setelah istirahat, badan menjadi segar dan otak pun siap menerima materi baru.
Satu lagi, tujuan dari ulangan dan ujian adalah mengukur sejauh mana kemampuan kita untuk memahami materi pelajaran di sekolah. Selain menjawab soal-soal latihan, ada cara lain untuk mengetes apakah kita sudah paham suatu materi atau belum. Coba kita jelaskan dengan kata-kata sendiri setiap materi yang sudah dipelajari. Kalau kita bisa menerangkan dengan jelas dan teratur, tak perlu detail, berarti kita sudah paham.
komentar | | Read More...

Naksir Bu Guru

bu_guru_cantikBu Guru: “Baik, sebelum pulang ada yang mau bertanya?”
Bejo: “Saya Bu!”
Bu Guru: “Iya, apa pertanyaannya?”
Bejo: “Maukah Ibu jadi pacarku?”
Bu Guru: “Orang kayak kamu mau jadi pacar Ibu?” Huek! Ga pentes!
Bejo: “Trus orang ganteng kayak saya ini pantesnya jadi pacar siapa dong Bu?”
Bu Guru: “Kamu ini bandel sekali! Sekolah itu yang bener. Belajar dengan serius. Punya cita-cita ga sih kamu?”
Bejo: “Punya dong Bu..”
Bu Guru: “Apa cita-citamu?”
Bejo: “Dulu cita-cita saya ingin jadi pilot, tapi semenjak masuk sekolah dan ketemu Ibu, cita-cita saya berubah ingin membahagiakan Ibu..
Bu Guru: “Bejo..!! Kamu kalo masih suka godain Ibu, Ibu akan panggil kepala sekolah!”
Bejo: “Dih jangan dong Bu, panggil Mas aja biar lebih mesra..
Bu Guru: #*&^%$]/@
#Lemparsepatu
komentar | | Read More...

PDIP dan Golkar Menduduki Suara Teratas, Tanya Kenapa?

per 11 Aprill 2014 pagi hari
hingga saat ini sepertinya PDIP dan Golkar masih teratas, posisi tidak jauh berubah
Coblosan udah, demam foto selfie jari-jari dengan tinta juga sudah lewat, sekarang sih serunya nunggu hasil perhitungan suara, siapakah nanti yang bakal menang? kalau lihat-lihat dari perhitungan cepat sih, sementara ini rata-rata menunjukan bahwa PDIP dan Golkar menduduki suara teratas, tanya kenapa? apa karena salah ngitung, apa karena money politiknya berhasil? mungkin *eh gak dhing, ini jawaban ngasal versi ketak-ketik tentang kenapa PDIP dan Golkar Menduduki Suara Teratas.
Mungkin PDIP meroket karena ada Jokowi
kenapa-pdip-menduduki-suara-teratas
Ada yang bilang kalau Jokowi efek itu gak ngefek tapi sepertinya si pak Joko tetep mengundang daya tarik meski dengan embel-embel dukung Jokowi tapi bukan partainya. Orang yang ngaku dukung Jokowi ya pasti otomatis suaranya untuk PDIP, kan pak Joko partai itu gitu.
Dan mungkin Golkar suaranya tingkat atas karena ini:
iseh-penak-jamanku-to
Jawaban yang ngasal sih ini, tapi bisa jadi sih, masak iya meroket karena ARB? piye kabare lapindo ngonoh *eh gak dhing. Seolah pada kangen jamannya simbah itu, yang seolah-olah dulu itu apa-apa serba murah gitu, tapi ya gak tau dhing, padahal jamannya memang udah berubah.
PDIP dan Golkar itu sama-sama partai lama, terus kenapa masyarakat suka yang lama,ada apa dengan partai-partai baru? mungkin karena ini:
parpol-baru-orang-lama
partai baru orang lama juga loh ya
Oh iya, terus apa kabar partai baru yang sudah jor-joran iklan di tv (dibaca Hanura yang gencar ngiklan dimedia milik cawapresnya sendiri, mulai dari kuis, main sinetron, masuk infotaiment, masuk berita, iklan muncul terusmenerus,dll), kok dari perhitungan cepat suaranya gak atas-atas amat, bahkan cinderung dibawah, dibawah Demokrat pula. Itu mungkin karena ini:
kenapa-hanura-suara-sedikit-meski-gencar-iklan
Orang kelihatannya pilih WIN-HT, tapi dalemannya pilih yang lain. *eaaaa, sabar ya….
Udahan ah, postingan edisi tanya kenapa PDIP dan Golkar Menduduki Suara Teratas versi ketak-ketik cukup sekian dan terimakasih. Jangan lagi tanya kenapa karena semua ini hanya ngasal belaka meski sepertinya ada benarnya juga sih. Kata-kata pamungkas: semoga siapapun yang menang bisa menerima dengan lapang dada, terus yang kalah? lebih lapang dada lagi, #demiIndonesiaDamai.
http://widhawati.blogdetik.com/
komentar | | Read More...
Ada kesalahan di dalam gadget ini
 
Copyright © 2011. SapiSelang . All Rights Reserved.
Design Template by Eko Alan Pratama | Support by Blog Pribadi | Powered by Blogger